SISTEM INFORMASI RESERVASI HOTEL
A.
Pengertian
Sistem Informasi
Sistem
informasi adalah gabungan dari teknologi dan aktivitas manusia yang menggunakan
teknologi itu untuk mendukung suatu kegiatan. Artinya, istilah sistem informasi
yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara manusia, data, dan
teknologi. Disini tidak hanya fokus pada penggunaan teknologi saja, tetapi juga
cara di mana manusia berinteraksi dalam mendukung proses bisnis. Sistem
informasi sangat membantu untuk
mengontrol kinerja proses bisnis.
Sistem
informasi adalah gabungan dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras,
jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan
informasi.
Sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari
suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan
yang diperlukan.
Sistem informasi
adalah kumpulan dari sub-sub sistem baik fisik maupun non fisik
yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja
sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data
menjadi informasi yang berguna.
B.
Pengertian
Sistem Informasi Hotel
Perkembangan teknologi
informasi di Indonesia mengikuti perkembangan perusahaan yang bergerak dalam
bidang bisnis perhotelan.Sebagaimana diketahui bahwa makin cepatnya suatu
hotel dalam melayani tamu dalam hal proses reservasi,check in serta check out
akan meningkatkan kepuasan tamu hotel.Dengan adanya perkembangan sistem
informasi yang berbasis komputer akan menjawab berbagai masalah khususnya dalam
hal proses reservasi,check in serta check out.Selain itu dengan teknologi
tersebut juga akan memberi kemudahan bagi pemilik hotel untuk memantau
perkembangan hotel
C.
Sistem
Perhotelan
Industri di bidang
perhotelan merupakan industri yang memberikan berbagai fasilitas dan jasa kepada
para pelanggannya dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal contohnya dengan
merespon dengan baik apa yang diminta oleh tamu, memberikan informasi yang
benar terhadap sesuatu yang ditanyakan oleh tamu. Intinya yang diharapkan
adalah sebuah pelayanan yang maksimal. Unsur-unsur dalam sistem informasi
perhotelan yaitu :
1.
Pelanggan/ tamu.
pelanggan atau tamu merupakan unsur utama di dunia perhotelan karena disinilah
tempat terjadinya suatu transaksi sehingga memunculkan banyak jaringan dan
komunikasi yang mengakibatkan terbentuknya suatu sistem informasi. Maka
pelayanan terhadap pelanggan merupakan faktor utama yang menentukan pelayanan
yang dikenal sebagai jasa Hospitality.
2.
Jasa
jasa merupakan kunci utama dan strategi untuk memenangkan persaingan, bagi
karyawan hotel harus mampu mengaplikasikan standar-standar yang ditetapkan dalam
pelayanan sehingga mampu memberikan kualitas pelayanan kepada tamu sesuai
standar yang ada.
3.
Keuangan
sistem perhitungan secara digital dan terstruktur
merupakan suatu kebutuhan di dalam dunia pehotelan, sehingga hotel akan
menggunakan sebuah aplikasi dengan media komputer untuk menghitung pemasukkan
dan pengeluaran di berbagai barang dan jasa yang telah mereka keluarkan kepada
tamu.
4.
Kasir
artinya tempat dimana barang atau jasa ditunaikan atau
yang lebih dikenal dengan kasir, kita tahu bahwa sekarang di hotel telah banyak
diberikan berbagai fasilitas-fasilitas seperti karaoke, gym, studio music, yoga
dll. Tetapi pada dasarnya mereka berada pada suatu system perhotelan yang sama,
akibat itu diperlukannya mesin kasir untuk merekam semua transaksi yang ada dan
karyawan yang mengatasi transaksi pengembalian dan tagihannya.
5.
Organisasi di dalam hotel
suatu perusahaan
selalu memiliki suatu organisasi, agar semua pekerjaan dapat ditangani dengan
baik. Begitu juga di dalam hotel.
Berikut ini
merupakan bagan organisasi di dalam hotel
Room division dibagi menjadi dua yaitu house keeping yang mengatur
masalah kamar, keamanan, kebersihan dan difokuskan untuk mengarahkan performa
dan kenyamanan ruangan dan front office yang mengatur masalah pemesanan kamar,
memberi informasi kepada tamu dan masalah pembayaran penginapan.
F&B division dibagi menjadi dua yaitu food production / koki yang bertugas memasak dan meracik semua makanan, minuman, dan lain-lain difokuskan untuk mengarahkan performa perusahaan dan F&B service menangani masalah bar, restaurant, room service, dan banquet. Semua memiliki tugas masing-masing agar bisa secara harmonis menghasilkan pelayanan yang maksimal.
F&B division dibagi menjadi dua yaitu food production / koki yang bertugas memasak dan meracik semua makanan, minuman, dan lain-lain difokuskan untuk mengarahkan performa perusahaan dan F&B service menangani masalah bar, restaurant, room service, dan banquet. Semua memiliki tugas masing-masing agar bisa secara harmonis menghasilkan pelayanan yang maksimal.
Personne bertugas mengkoordinasi semua kegiatan menejemen
sumber daya manusia dalam organisasi untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya
manusia.
Accounting bertugas menghitung semua hasil dari semua transaksi yang telah masuk yang terekam di mesin kasir.
Engineering adalah lebih berkaitan dengan era layanan tamu yang meliputi keamanan, perbaikan, pemeliharaaan dan pengembangan.
Marketing bertugas untuk mempromosikan atau memasarkan hotel biasanya melalui web yang telah ada seperti booking.com, traveloka, dll.
Purchasing merupakan divisi dibagian pembelian barang barang, dengan pemanfaatan teknologi informasi maka divisi purchasing tidak perlu repot-repot mencatat secara manual dan sebuah aplikasi akan membantu divisi ini dan tugas mereka hanya memasukkan nominal pada tabel-tabel yang sudah tersedia.
Accounting bertugas menghitung semua hasil dari semua transaksi yang telah masuk yang terekam di mesin kasir.
Engineering adalah lebih berkaitan dengan era layanan tamu yang meliputi keamanan, perbaikan, pemeliharaaan dan pengembangan.
Marketing bertugas untuk mempromosikan atau memasarkan hotel biasanya melalui web yang telah ada seperti booking.com, traveloka, dll.
Purchasing merupakan divisi dibagian pembelian barang barang, dengan pemanfaatan teknologi informasi maka divisi purchasing tidak perlu repot-repot mencatat secara manual dan sebuah aplikasi akan membantu divisi ini dan tugas mereka hanya memasukkan nominal pada tabel-tabel yang sudah tersedia.
6.
Reservasi
reservasi adalah sebuah permintaan calon tamu untuk meginap di sebuah hotel, umumnya reservasi dilakukan melalui telepon atau website, sebuah permintaan terhadap kamar dapat disetujui maupun ditolak oleh pihak hotel, jika disetujui pihak hotel akan mendata tanggal kedatangan dan kepulangan, data tamu, akomodasi yang diperlukan. Dengan sistem komputer saat ini banyak hotel yang mampu menampung reservasi dengan jangka waktu 2 tahun, yang sangat menguntungkan pihak hotel, karena bisa mengetahui jumlah tamu yang akan datang dan persiapan untuk melayani tamu lebih maksimal.
reservasi adalah sebuah permintaan calon tamu untuk meginap di sebuah hotel, umumnya reservasi dilakukan melalui telepon atau website, sebuah permintaan terhadap kamar dapat disetujui maupun ditolak oleh pihak hotel, jika disetujui pihak hotel akan mendata tanggal kedatangan dan kepulangan, data tamu, akomodasi yang diperlukan. Dengan sistem komputer saat ini banyak hotel yang mampu menampung reservasi dengan jangka waktu 2 tahun, yang sangat menguntungkan pihak hotel, karena bisa mengetahui jumlah tamu yang akan datang dan persiapan untuk melayani tamu lebih maksimal.
7.
Check Out
standar penerimaan tamu selalu diakhiri oleh check out, dengan tamu check out maka status kamar akan dirubah dan memberikan jumlah tagihan kamar kepada tamu, setelah proses pembayaran selesai maka tamu boleh meninggalkan hotel
standar penerimaan tamu selalu diakhiri oleh check out, dengan tamu check out maka status kamar akan dirubah dan memberikan jumlah tagihan kamar kepada tamu, setelah proses pembayaran selesai maka tamu boleh meninggalkan hotel
D.
Sistem
Informasi Hotel
Sistem
informasi hotel adalah sebuah program komputer (software) bertujuan untuk
membantu semua kegiatan di dalam hotel baik kegiatan sehari-hari maupun
laporan-laporan yang diperlukan hotel. Kegiatan itu adalah menerima tamu (check
in), mendata tagihan tamu, pembayaran tamu. Dengan adanya sistem ini diharapkan
para tamu mendapatkan pelayanan yang baik selain itu adalah efisiensi dalam
operasional dalam kegiatan sehari-hari di hotel.
Aliran data yang dihasilkan sistem ini yaitu :
1.
Data yang bersifat untuk jangka panjang,yang
digunakan sebagai pandangan untuk sebuah perencanaan.
2.
Data untuk jangka waktu menengah, relatif lebih
pasti.
3.
Data yang bersifat jangka pendek/harian dengan
laporan yang terperici.
Ruang lingkup sebuah sistem informasi hotel tergantung kelengkapan fitur
yang dimiliki oleh program yang digunakan oleh hotel tersebut. Kelengkapan itu
sendiri tergantung pada jenis hotel dan struktur organisasi hotel.
Dengan kemajuan teknologi, sebuah sistem dapat
dihubungkan dengan perangkat-perangkat keras (hardware) seperti kamera
pengintai (spy kamera) dan menyimpan datanya dalam database untuk arsip
data-data tamu guna memenuhi kebutuhan publik jika suatu saat diperlukan.
Dengan menghubungkan sistem dengan smart card dll maka keamanan tamu lebih
terjamin dan pengawasan terhadap tamu lebih optimal. Dengan penggunaan telepon
genggam yang tersedia di kamar maka para tamu dapat memesan barang atau jasa
hotel dengan mudah. Tujuan digunakannya semua alat diatas guna menambah lebih
kompleksnya sebuah sistem informasi hotel. Akhirnya banyak hotel menggunakan
sistem ini untuk tujuan menaikkan rate hotel mereka. Hal ini terjadi karena
asumsi masyarakat jika sebuah hotel mempunyai rate tinggi maka sistem hotel
tersebut baik.
Program aplikasi hotel sangat diperlukan dalam
mendirikan dan menggembangkan bisnis perhotelan karena memerlukan suatu sistem
yang handal dan terintegrasi agar strategi dan tujuan bisnis yang direncanakan
dapat diraih secara maksimal. Dengan menerapkan sistem perhotelan yang baik
akan mampu mengurangi beban biaya secara signifikan, mampu meningkatkan kinerja
perusahaan dan mendapatkan customer yang banyak sehingga pendapatan terus
meningkat.
Program hotel hadir dengan berbagai jenis yang
berusaha sebagai solusi penerapan sistem hotel secara menyeluruh melalui
software yang handa. Program hotel ini dapat diterapkan dan dikembangkan sesuai
kebutuhan suatu hotel . Dengan menggunakan program hotel maka akan dapat
meningkatkan pelayanan kepada customer.
Beberapa penerapan sebagai berikut :
1.
Data
untuk mendukung jalannya aplikasi, dibentuk data pendukung, yaitu :
untuk mendukung jalannya aplikasi, dibentuk data pendukung, yaitu :
-tarif dan jenis kamar :
pencatatan tarif harga dan jenis sewa kamar
-kamar :
pencatatan nomor kamar yang disetai harga
-fasilitas kamar :
pencatatan fasilitas tiap-tiap kamar
-menu makanan restaurant :
pencatatan jenis menu makanan dan minuman yang tersedia beserta daftar harga/modal, dan diberikan tagihan tertulis atau tercetak.
-data tamu :
kumpulan nama tamu yang menginap dan asal tamu, yang akan diberikan suatu nomor customer.
-booking :
data pemesanan kamar
-cara pembayaran :
teknik cara tamu membayar ( cash, kredit, voucher dll )
-identitas petugas :
daftar nama petugas/user
-nama negara :
kelompok tamu berdasarkan negara
-kota/provinsi :
kelompok tamu berdasrkan kota/ provinsi
-satuan barang :
transaksi barang makanan/minuman di restaurant
-unit kerja :
daftar unit kerja yang ada di hotel
-daftar tarif/biaya
daftar biaya operasional hotel
pencatatan tarif harga dan jenis sewa kamar
-kamar :
pencatatan nomor kamar yang disetai harga
-fasilitas kamar :
pencatatan fasilitas tiap-tiap kamar
-menu makanan restaurant :
pencatatan jenis menu makanan dan minuman yang tersedia beserta daftar harga/modal, dan diberikan tagihan tertulis atau tercetak.
-data tamu :
kumpulan nama tamu yang menginap dan asal tamu, yang akan diberikan suatu nomor customer.
-booking :
data pemesanan kamar
-cara pembayaran :
teknik cara tamu membayar ( cash, kredit, voucher dll )
-identitas petugas :
daftar nama petugas/user
-nama negara :
kelompok tamu berdasarkan negara
-kota/provinsi :
kelompok tamu berdasrkan kota/ provinsi
-satuan barang :
transaksi barang makanan/minuman di restaurant
-unit kerja :
daftar unit kerja yang ada di hotel
-daftar tarif/biaya
daftar biaya operasional hotel
2.
Transaksi
Transaksi di dalam hotel adalah sebagai berikut :
-booking (pemesanan kamar)
-check in ( registrasi tamu )
-input billing, pencatatan transaksi terhadap :
administrasi, kamar penginapan, restaurant/bar, karaoke, laundry, rent car,hall, telephone,extra bed, extra foo dll.
-check out
-print out kwitansi/bill
-booking (pemesanan kamar)
-check in ( registrasi tamu )
-input billing, pencatatan transaksi terhadap :
administrasi, kamar penginapan, restaurant/bar, karaoke, laundry, rent car,hall, telephone,extra bed, extra foo dll.
-check out
-print out kwitansi/bill
3.
Laporan
-tamu yang sedang menginap
-daftar pemakaian kamar (kosong,berisi)
-uang kas masuk(harian,bulanan,tahunan)
-omset/laba
-penerimaan per petugas kasir
-register penerimaan
-daftar pemakaian kamar (kosong,berisi)
-uang kas masuk(harian,bulanan,tahunan)
-omset/laba
-penerimaan per petugas kasir
-register penerimaan
E.
Sistem
Informasi Reservasi Hotel Online
a)
Tampilan awal sistem informasi reservasi hotel
online (booking.com)
Pada tampilan awal Sistem Informasi Reservasi Hotel Online (booking.com)
biasanya terdapat informasi-informasi secara umum mengenai hotel serta web
booking.com sendiri. Pada menu utama kita dapat melihat ada link terkait
pencarian hotel terbaik menurut booking.com berdasarkan negara dan kota,
tentang booking.com,hotel,imbalan,penawaran spesial, serta bantuan 24jam.
Selain itu juga ada link-link terkait lainnya pada menu utama. Juga ada link
untuk bergabung menjadi rekanan booking.com , dimana di link ini dimaksudkan
bagi para hotel yang ingin bergabung menjadi rekan dalam proses pemesanan
kamar.
b)
Tampilan pencarian hotel
gambar diatas adalah daftar hotel berdasarkan pencarian anda
sesuai dengan negara dan kota yangsudah anda pilih oleh pengguna sistem
informasi reservasi hotel online (booking.com) . didalamnya terdapat informasi
hotel yang sedang popular di masing-maisng kota yang telah dipilih dan terdapat
score sesuai dengan pengalaman tamu.
c) Tampilan
ketersediaan dan pemilihan type kamar di Amartya Puri
pada tampilan yang memuat daftar ketersediaan kamar,harga sesuai dengan
yang sesuai anada pilih oleh pengguna sistem informasi reservasi hotel online (booking.com)
sebelumnya pengguna harus memasukkan dulu tanggal untuk menginap.
d)
Tampilan fasilitas yang disediakan Amartya Puri
gambar diatas merupakan tampilan yang memuat fasilitas yang disediakan
oleh pihak hotel dalam web ini fasilitas di Amartya puri yaitu mencakup
fasilitas secara umum, fasilitas kamar, fasilitas olahraga dan rekreasi,
internet, dan tempat parkir.selain itu ada informasi mengenai Amartya Puri
dalam halaman ini.
e) Tampilan
proses pengisisan biodata tamu dan proses pembayaran
tampilan diatas adalah tampilan data lengkap tamu
yang akan diisi oleh pengguna saat telah memilih jenis kamar yang diinginkan
dan tersedia. Pengguna harus mengisi alamat email, nama lengkap, negara, usia
anak jika pengguna membawa anak, dan ada rincian tagihan untuk proses
pembayaran tamu atas kamar yang sudah dipesan sesuai rincin pemesanan yang
sudah tertera diatas. Yang terdiri dari metode pembayaran yang digunakan,nama
pemegang, no kartu,tanggal kadaluarsa dari kartu,negara bank penerbit,serta
bank mana yang telah mengeluarkan kartu pemegang kartu. Apabila ketika pengguna
saat memasukkan nomor ada kesalahan maka akan muncul peringatansehingga
pengguna diharapakn untuk memasukkan ulang nomor kartu. Tetapi apabila terus
menerus terjadi kesalahan diharapkan pengguna menghubungi bank yang
bersangkutanatau bisa menggunakan kartu kredit lainnya.
Apabila jenis pembayaran valid maka pemesan
setelah memilih jenis pembayaran dan menekan tombol lanjut memesan harus
mengisi kembali data tamu secara lengkapseperti nama, paspor, negara dan kota
asal, berapa banyak orang yang menginap, dan memerlukan barang-barang tambahan
apa saja, serta ingin dijemput dimana atau datang sendiri semua itu merupakan
fasilitas yang dimiliki oleh hotel jadi pengguna bisa mmintanya, lalu setelah
itu akan muncul peringatan untuk masuk ke paypaldengan menekan tombol OK.
Setelah masuk ke paypal maka pemesan harus memasukkan account paypal, setelah
itu akan mendapatkan konfirmasi dari booking.com
Setelah itu anda bisa untuk membuat tanda terima
ataupun pembatalan reservasi dengan memasukkan email dan kata sandi yang telah
anda buat. Jika lupa sandi maka pengguna dapat menggunakan link yaitu “lupa
kata sandi?”
a) Prosedur
yang berjalan
Pembahasan bagaimana cara penggunaan web
booking.com untuk Amartya Puri munduk Bali adalah sebagai berikut :
1.
Pemesan memiih negara, kota, tanggal, lama inap,
jumlah kamar, jumlah orang kemudian menekan tombol cek harga yang kemudian
pemesan diberikan halaman hotel yang tersedia di negara,kota, dan tanggal yang
pemesan pilih.
2.
Pemesan memilih salah satu hotel dan kemudian
pemesan diberikan halaman informasi mengenai hotel tersebut seperti fasilitas,
galeri fotodll.
3.
Jika hotel sesuai dengan yang dipilih pemesan
selanjutnya pemesan dapat memilih jenis kamar yang akan diinap dengan menekan
tombol pesan.
4.
Kemudian pemesan diminta oleh sistem booking.com
untuk mengisi data lengkapdan mengisi jenis pembayaran, setelah melakukan tahap
pertama dan menekan tombol lanjut pemesan diminta sistem kembali untuk
mengisikan data lengkap kembali yang nantinya muncul konfirmasi jumlah pembayaran.
5.
Setelah selesai proses ke 4 diatas pemesan akan
diberikan halaman konfirmsi beserta rincian-rinciannya.
F.
Sistem
Informasi Reservasi Hotel secara Manual
Menerima permintaan pesanan kamar adalah kegiatan atau proses
mengumpulkan informasi atau data tentang calon tamu dan orang yang melakukan
pemesanan kamar. Informasi yang diperlukan oleh pihak hotel antara lain :
-jenis dan
jumlah kamar yang diinginkan
-jumlah orang yang akan menginap
-tanggal kedatangan&tanggal keberangkatan
-nama tamu yang mengginap di hotel
-nama pemesan dan nomor yang dapat dihubungi
-nama perusahaan atau biro perjalanan (jika ada)
-alamat dan nomor telepon
-rincian kedatangan (waktu dan transportasi yang digunakan)
-cara pembayaran
-permintaan khusus
-jumlah orang yang akan menginap
-tanggal kedatangan&tanggal keberangkatan
-nama tamu yang mengginap di hotel
-nama pemesan dan nomor yang dapat dihubungi
-nama perusahaan atau biro perjalanan (jika ada)
-alamat dan nomor telepon
-rincian kedatangan (waktu dan transportasi yang digunakan)
-cara pembayaran
-permintaan khusus
a)
Memeriksa ketersediaan kamar
Sebelum menerima suatu pesanan kamar, adalah hal yang sangat penting
dilakukan oleh seorang petugas reservasi adalah memeriksa keadaan kamar yang
tersedia pada tabel kontrol reservasi, tabel ini ada beberapa macam, yaitu :
-
Forecast board
Tabel keadaan kamar untuk masa yang akan datang bentuknya menyerupai
sebuah kalender. Papan data keadaan kamar dimasa mendatang ini biasanya
ditampilkan dalam periode untuk 4 bulan kedepan dan tanggal-tanggal yang
tertera adalah mewakili informasi tentang status kamar.
-
Tabel pemesanan kamar
Banyak hotel menggunakan tabel pemesanan kama. Tabel tersebut digunakan
untuk menampilkan dan mendata kamar yang tersedia.dan dapat dibedakan menjadi
dua bentuk yaitu konvensionaldan density
Konvensional tabel biasanya dipergunakan pada hotel kecil, dimana jumlah
kamarnya tidak terlalu banyak dan dapat diketahui jumlah kamar yang terisi dan kamar yang sudah dipesan. Prosedur
pengisian konvensional tabel dapat dilakukan sebagai berikut :
1.
Pengisian dan perubahan harus dilakukan dengan pensil
2.
Perhatikan nomor kamar yang akan dialokasikan
sebelum memberikan konfirmasi
3.
Pemberian tanda alokasi dengan strip panah mulai
dari tanggal tiba sampai tanggal berangkat, sedangkan diatas tanda strip
dituliskan nama tamu dengan pensil
4.
Didalam penulisan nama tamu tidak perlu ditulis
jabatan atau nama pemberian, cukup dengan nama panggilan
5.
Bila terdapat pesanan pendek hanya satu atau dua
hari sehingga tidak mungkin menulis nama tamu secara lengkap maka cukup diisi
nomor folio pada buku harian (F2,F3 dst)
6.
Diadakan perbaikan bila terjadi perubahan dan
keluarkan dari tabel bila terjadi pembatalan.
Keuntungan dari konvensional tabel adalah nomor kamar bisa ditentukan
sebelum tamu tiba, lebih mudah melihat kamar yang masih bisa dijual, namun
mempunyai kekurangan yaitu kelebihan pemesanan kamar tidak bisa diperlihatkan,
memerlukan waktu lama dalam memasukkan atau merubah data.
Pada hotel memengah atau hotel besar yang masih menggunakan sistem manual
dan semi otomatis awalnya menggunakan tabel pemesanan kamar yang berbentuk
density/room, namun saat ini sudah jarang digunakan karena sudah menggunkaan
sistem komputer perhotelan. Untuk mengisi tabel density digunakan cara sebagai
berikut :
-pengisian menggunakan pensil
-menggunakan tanda ( / )
-penggisian dimulai dari tanggal tiba
-penggisian diulai dari garis mengikuti tempat yang kosong dibawah tempat yang sudah terisi
-pada chart tidak perlu diisi tanda panah atau menulis nama sama halnya dengan konvensional tabel
-bila terjadi pembatalan dilakukan dengan cara menghapus tanda garis mulai tanda yang paling akhir
-menggunakan tanda ( / )
-penggisian dimulai dari tanggal tiba
-penggisian diulai dari garis mengikuti tempat yang kosong dibawah tempat yang sudah terisi
-pada chart tidak perlu diisi tanda panah atau menulis nama sama halnya dengan konvensional tabel
-bila terjadi pembatalan dilakukan dengan cara menghapus tanda garis mulai tanda yang paling akhir
-
Computerized system
Hotel yang telah menggunakan sistem komputer, ketersediaan kamar akan
ditampilkan pada komputer terminal
Menerima atau menolak permintaan pemesanan kamar, jika kamar tersedia maka
pihak reservasi akan melakukan proses pendataan, jika tidak ada maka akan
menawarkan pilihan kamar lain kepada customer.
Pencatatan dan dokumen pemesanan kamar diawali dengan menuliskan nama tamu
yang hendaknya ditulis dengan huruf cetak yang jelas dan dapat dibaca oleh
siapapun.memastikan pesanan kamar dengan cara megirim surat kepastian pemesanan
kamar yang berbentuk formulir cetakkan yang akan dikirimkan ke calon tamu atau
dengan cara memberikan nomor kode sehingga mempermudah reception untuk
pencarian data tamu didalam sistem komputer, yang terakhir pengarsipan
pemesanan kamar yaitu mengatur dan melaksanakan pengarsipan dokumen-dokumen
pemesanan kama. Pengarsipan dokumen pemesanan kamar pada sistem komputer yaitu
setelah mengisi reservation form kemudian memasukkan data ke sistem komputer.
G.
Kesimpulan
Sistem informasi reservasi hotel dengan menggunakan sistem komputer sangat
mempermudah proses reservasi dibaningkan dengan sistem manual. Perkembangan
teknologi informasi di Indonesia mengikuti perkembangan perusahaan yang
bergerak dalam bidang bisnis perhotelan.Sebagaimana diketahui bahwa makin
cepatnya suatu hotel dalam melayani tamu dalam hal proses reservasi,check in
serta check out akan meningkatkan kepuasan tamu hotel.Dengan adanya
perkembangan sistem informasi yang berbasis komputer akan menjawab berbagai
masalah khususnya dalam hal proses reservasi,check in serta check out.Selain
itu dengan teknologi tersebut juga akan memberi kemudahan bagi pemilik hotel
untuk memantau perkembangan hotel.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar