Selasa, 15 Desember 2015

Critical Review



Artikel tentang Critical Review Sistem Informasi
Critical Review Sistem Informasi Reservasi Hotel Secara Online


Pendahuluan
            Pada artikel kali ini akan meriview tentang sistem informasi reservasi hotel secara online. Bisnis hotel dan resort di Indonesia semakin berkembang sejak beberapa tahun belakangan ini. Pengusaha-pengusaha aktif semakin menggandrungi bisnis ini dan membuka hotel di setiap area di seluruh Indonesia yang menurut mereka mampu menghasilkan pemasukan yang tinggi dan juga membuka lapangan pekerjaan baru disetiap tempat dimana bisnis itu dibuat.
            Indonesia terkenal sebagai surga bagi tourist Dunia. Kita bisa ambil salah satu contoh nya adalah Bali. Dimana bermacam-macam suku dan tourist silih berganti membuat planning liburan di pulau dewata untuk menenangkan pikiran mereka, bahkan banyak dari mereka membuka lahan bisnis disana berdasarkan prospek yang telah mereka teliti dan pelajari.
            Selain sebagai lahan bisnis yang membuahkan hasil, hotel juga disukai masyarakat dan golongan menengah keatas untuk berbagai macam kegiatan dan juga menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi wisata bagi para traveler.
            Pelayanan yang digunakan setiap hotel adalah pengutamaan layanan jasa. Tamu adalah raja. Komunikasi yang terbaik akan selalu diberikan kepada setiap pelanggan guna kepuasan tamu. Tamu yang complain adalah kesalahan besar bagi management perhotelan.
“Banyak hotel mampu mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang relatif tinggi selama 12 bulan terakhir ini, walaupun dihadapkan dengan penurunan revenue dan pembengkakan biaya akibat menurunnya kondisi perekonomian,” kata Mark Schwartz, Direktur Global Hospitality and Travel Practice di J.D. Power and Associates.
            Sistem informasi adalah gabungan dari teknologi dan aktivitas manusia yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung suatu kegiatan. Artinya, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara manusia, data, dan teknologi. Disini tidak hanya fokus pada penggunaan teknologi saja, tetapi juga cara di mana manusia berinteraksi dalam mendukung proses bisnis. Sistem informasi sangat  membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis. Sehingga pasti saja terdapat banyak kekurangan, namun pasti ada suatu kelebihan yang terdapat dalam sistem informasi reservasi hotel secara online tersebut.
            Banyak aplikasi maupun website yang menyediakan jasa untuk melakukan reservasi hotel di seluruh dunia, contohnya booking.com, traveloka, agoda, dll. Namun berdasarkan pengalaman saya maka saya akan mereview sedikit tentang sistem yang digunakan, apa saja kekurangan dan kelebihan yang saya rasakan.
            Hal itu memang wajar karena sistem informasi sendiri merupakan gabungan antara teknologi dan aktivitas manusia, tentunya pasti banyak kekurangannya, karena teknologi pasti buatan manusia, dan kesalahan-keslahan dan kekurangan pasti selalu ada dan sering kita kenali dengan istilah human error.

Latar Belakang
Sistem informasi berbasis komputer merupakan suatu alat yang dapat menunjang tingkat kelancaran dalam melaksanakan suatu kegiatan. Penerapan sistem informasi di berbagai bidang merupakan suatu keharusan. Diharapkan segala masalah dapat diatasi dengan mudah. Salah satu  pengolahan data yang menggunakan sistem komputerisasi adalah sistem Informasi pemesanan kamar hotel. Berdasarkan pengalaman saya, contohnya Amartya Puri adalah hotel yang ada sejak tahun 2014. Terletak di kawasan pegunungan yang sejuk di Bali, dapat diakses dengan mudah, Amartya Puri telah dikenal luas di kalangan tertentu sebagai hotel berbasis villa yang merupakan pilihan tepat untuk berteriterah bersam keluarga atau teman. Amartya Puri memiliki 10 kamar dan menyediakan menyediakan fasilitas golf, tenis, kolam renang, dan sebagainya. Semua tamu di Amartya Puri dilakukan sebagai VIP dan tingkat huninya mencapai 80 persen selama masa liburan. Dan pihak hotel pun membangun kamar dan fasilitas tambahan, dan berarti mempertinggi tingkat hunian dan tingkat pemesanan kamar hotel. Seorang Receptionist sering kewalahan untuk menentukan secara cepat kamar yang tersedia dan sesuai dengan keinginan tamu. Sering terjadi perubahan mengenai tarif, potongan harga, dll. Dan sering mengalami beberapa kesulitan seperti double-booking, kamar-kamar yang hanya di pesan dalam 1 malam, akibatnya kamar-kamar seperti ini tidak berhasil terjual. Dan kadang para tamu ingin melihat seberapa besar pengeluaran yang telah mereka keluarkan. Untuk itu pihak manajemen hotel ingin membangun suatu system komputer yang dapat membantu pihak hotel untuk melayani tamu.


Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari critical review mengenai sistem reservasi hotel online ini untuk meningkatkan pelayanan hotel dan meningkatkan keuntungan hotel dengan bertambahnya pelanggan tanpa ada masalah-masalah seperti yang dijabarkan pada latar belakang diatas sehingga pemasukkan hotel bisa maksimal pada saat proses booking hotel pada hari biasa maupun hari libur.
Manfaatnya, dapat mempermudah receptionis dalam menentukan tanggal kamar bagi calon tamu, dan yang sesuai dengan keinginan tamu, dapat mempermudah pendataan kamar yang telah kosong setelah tamu check out. Dapat memberikan informasi kamar dan fasilitas hotel dengan harga yang tepat.

Kebutuhan Data

Pada sistem informasi reservasi hotel secara online pada tampilan menu awal anda akan disajikan pada halaman utama dan anda harus mengisikan data, yaitu :
1.    lokasi hotel yang anda perlukan untuk menginap
2.    tanggal check in
3.    tanggal check out
4.    jumlah kamar yang anda inginkan
5.    jenis kamar ( dewasa atau anak-anak)
setelah anda memasukkan data diatas maka anda akan menuju halaman selanjutnya, halaman selanjutnya berisi daftar hotel pada tempat yang anda tuju. Setelah memilih kamar hotel anda diharuskan untuk login pada aplikasi atau software yang anda gunakan untuk mencari kamar hotel, apabila ingin memesan kamar dan dilanjutkan dengan pembayaran.

Perangkat Lunak Sistem Informasi

Perangkat lunak sistem informasi yang dimaksudkan disini yaitu aplikasi atau sofware yang digunakan untuk mendapatkan sistem informasi, pada pembahasan kali ini penulis mereview reservasi hotel online dengan menggunakan situs booking.com.


  
Pembahasan

Masing-masing situs memiliki kelebihan dan kekurangan, booking.com bagi saya sesuai dan merupakan pilihan yang tepat jika anda ingin melancong ke luar negeri maupun dalam negeri. Situs ini menyediakan pilihan hotel dengan cara memilih lokasi dengan berbagai saringan, misal berdasarkan bintang hotel, berdasarkan harga,berdasarkan ulasan, lokasi hotel, dan kelebihannya untuk booking keluar negeri dengan kartu ATM atau kartu debit bisa, tanpa harus membayar uang muka. Tinggal isi saja semua persyaratan nanti diprint dan nanti tinggal menunggu balasan email dan di print, sampai di hotel tunjukan ke receptionist hotel dan kita memilih ingin bayar cash atau debit. Mudah,dan hotel disini pasti mau menerima bahkan bisa menuliskan permintaan kita pada hotel kamar apa saja yang diminta.
Pembatalan order bisa dilakukan dengan mudah maksimal h-2 sebelum kedatangan, dalam pembatalan pesanan ini belum ada sepeser danapun yang keluar, karena no ATM bukan nomor pin, yang kita tuliskan atau no kartu kredit hanya sebagai jaminan saja, semacam nomer KTP saja.
Kelebihan booking.com jaminannya tidak perlu menggunakan nomor kartu kredit , cukup no ATM. Kalau kartu ATM tentu banyak yang punya, sedangkan pembuatan kartu kredit begitu rumit persyaratannya kecuali PNS.
Kekurangan situs ini adalah agak lambat dan kurang jelas penampilannya, tapi hampir sama dengan agoda.com. Sedangkan agoda.com penampilannya cukup jelas apalagi maps yang menunjukkan hotel langsung tampil di depan, dan begitu jelas letak hotel dan harganya langsung ada di peta sehingga kita bisa cepat membandingkan harga hotel, dapat juga melihat score penilaian hotel dengan melihat petanya. Bagi saya agoda lebih dikenal dan lebih diminati sayangnya pembayaran hotelnya mengharuskan menggunakan referensi kartu kredit. Itu saja kekurangannya.
Pengalaman saya, baik agoda maupun booking.com sama sama aman dan saya pernah menggunakan semuanya. Tampaknya agoda.com juga menyediakan bonus biaya kamar.
Dengan mengunakan dua situs ini kita memiliki perlindungan keamanan sebab menurut saya situs-situs ini berpengalaman menerima dan menyaring hotel-hotel yang legal benar-benar ada menurut kelasnya. Lain dengan kita beli langsung di situs hotel yang abal-abal, penampilan foto bagus pelayanan belum tentu. Dalam situs ini kita juga bisa memilih hotel berdasarkan lokasi sesuai kebutuhan, keuangan, kenyamanan yang diperlukan
Dari segi pihak hotel sendiri keuntungannya yaitu lebih mudah mendapatkan pelanggan karena banyak orang yang ingin melancong dan menggunakan situs ini untuk memesan hotel karena sudah terpercaya, sehingga hotel lebih maju karena banyak pelancog yang memesan kamar pada hotel yang terdaftar di situs ini. Hotel juga semakin semangat dalam memperbaiki manajemen hotelnya, dikarenakan didlam situs tersebut terdapat ulasan dari para pengunjung, dan skor dari pengunjung, oleh sebab itu mereka pihak manajemen hotel termotivasi untuk selalu meningkatkan kinerja agar mendapat skor yang terbaik dan jika skor mereka baik maka setelah calon tamu memasukkan lokasi hotel yang diinginkan dan itu di lokasi hotel tersebut maka hotel yang memiliki skor terteinggi akan menempati posisi paling atas dan berpeluang besar dipilih oleh pengunjung.
Kekurangan yaitu sering terjadi double booking, apabila receptionis kurang teliti dalam melihat jadwal pesanan kamar hal ini terjadi bila ada tamu mendadak datang tanpa melalui situs ini. Menurut saya perlu ada aplikasi tambahan untuk receptionis di meja reservasi jadi receptionis hanya perlu memasukkan tanggal saja, maka akan keluar kamar-kamar yang masih bisa dipakai dan tidak.

Kesimpulan dan Saran

Pada kritikal review sistem informasi reservasi hotel kali ini, banyak kelebihannya dibanding kekuranggannya, karena semakin kesini teknologi berkembang dengan pesat sehingga bisa dengan mudah memperoleh informasi dan bisa segera memperbaiki apa yang kurang dari suatu sistem informasi.
Dengan ini diharapakn suatu sistem informasi selau memiliki menu tersendiri untuk pengunjung atau user yang berfungsi sebagai wadah untuk memberikan kritikan atas sistem informasi yang ada.






           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar